widget

Krisisnya Moral Remaja Sebab Ekonomi



Moral … apa sih yang kalian ketahui tentang moral?, Apa sekedar perilaku atau sikap yang biasa dilakukan setiap hari pada diri kita. Mungkin itu pendapat dari beberapa orang…. Sebenarnya moral itu bukan hanya tentang perilaku tapi lebih cenderung sebuah etika atau akhlak manusia. Orang yang tidak memiliki moral berarti ia tidak memiliki nilai positif dimata manusia. Manusia membutuhkan moral dalam kehidupan sehari-hari, bahkan saat ini moral menjadi penilaian utama dalam diri seseorang. Yang menjadi sorotan utama pada zaman sekarang adalah turunnya moral remaja.
Moral remaja sangat diperlukan untuk menjadikan bangsa yang maju dimasa depan, bukan tidak mungkin remaja itulah yang bisa merusak negara kita sendiri dengan sifat amoral atau bisa dikatakan remaja yang tidak bermoral.  Banyak remaja zaman sekarang yang selalu membuat kerusakan dimana-mana dengan krisisnya moral mereka seperti adanya pencurian, kebohongan, perzinaan, keributan dan lain-lain. Munculnya hal itu bermula dari ekonomi …? Ekonomi yang semakin lemah ternyata menjadi salah satu faktor krisisnya moral remaja. Bukan tidak mungkin, adanya pencurian dimana-mana karena kurangnya kebutuhan ekonomi, maraknya perzinaan karena untuk memperoleh uang banyak dengan cepat dan mudah, banyaknya kebohongan ataupun korupsi karena kehidupan ekonomi yang kurang. Kepentingan ekonomi ini dalam praktek telah mewarnai tindakan ekonomi dalam berbagai bentuk, seperti menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan secara sepihak. Adanya seperti ini semakin menjadi bahan topik perbincangan yang semakin mengemuka akhir-akhir ini. Hal ini wajar terjadi karena manusia itu memiliki nafsu yang selalu merasa kurang puas dengan apa yang dimilikinya.

Benar sekali salah satu hal yang bisa mengatasi krisisnya moral itu adalah keimanan seseorang. Banyak anak remaja zaman sekarang yang tidak mau memperbaiki moralnya itu sebab kuran adanya iman yang kuat didalam dirinya sendiri, jika hal ini terus berkembang bukan tidak mungkin lagi kalau negara kita akan hancur dengan sendirinya karena generasi yang tidak bermoral. Untuk itu kita sebagai remaja penerus bangsa ini harus bisa mrenanamkan nilai-nilai atau ajaran moral dalam islam mengajarkan tauhid, yang merupakan titik sentral dari ajaran islam. Dalam ajaran islam bagi orang yang beriman harus ada keyakinan dan prinsip bahwa kegiatan usaha harus dilakukan berdasarkan pada nilai yang telah ditetapkan oleh allah karena semua kegiatan manusia ada dalam pengawasan allah.

Keyakinan adanya pengawasan allah inilah yang akan mengoreksi cara pandang, meluruskan sikap dan mengendalikan perilaku dan membentuk mental, akhlak, dan etika manusia, khususnya pada anak remaja zaman sekarang.

Oleh : Mella Anggilia
ES' 16

Tulisan Terkait

Post a Comment


Ikuti kami untuk menerima berita dari kami