widget

Himmaprodi ES Adakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW & Tahtimul Qur’an






Rabu,27 November 2019 

Tuban. Himpunan mahasiswa program studi (Himmaprodi) Ekonomi Syariah (ES) menyelenggarakan acara "Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW & Tahtimul Qur’an" yang bertempat di gedung A lantai 2  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hikmah Tuban Rabu(27/11)

Acara ini tidak hanya diikuti oleh puluhan mahasiswa ES tapi juga dari berbagai jurusan, selain dari kalangan mahasiswa hadir juga ketua yayasan Al Hikmah Tuban (KH. M. Husnan Dimyati), kepala program studi (kaprodi) ES (Joko Hadi Purnomo) dan juga dosen dosen lainnya.

Acara yang dimulai pada pukul 09:00 dengan rangkaian acara pembukaan, pembacaan tilawatil qur’an yang di bacakan oleh mahasiswa ES sendiri, mahalul qiyam sebagai rasa hormat kepada Nabi Muhammad SAW & di lanjut dengan Tahtimul Qur’an serta ditutup dengan tusiyah oleh Romo yai Husnan Dimyati.

Acara Tahtimul Qur’an yang sudah menjadi acara rutinan bagi Himmaprodi ES. Dan kaprodi ES menyampaikan "Suatu hal yang sudah dilakukan secara rutin, akan secara otomatis dilakukan, dan jika sudah otomatis maka akan menjadi suatu kebiasaan tersendiri, dalam artian jika hal tersebut tidak dilakukan maka secara otomatis dalam diri sendiri pasti ada suatu hal yang kurang ". 

Selain itu beliau juga menginginkan adanya kajian kajian yang lebih lanjut untuk meneladani sifat rasulullah dengan mendatangkan seorang yang ahli dibidangnya, tutur beliau.

Meski dalam acara tersebut bu ketua STAI Al Hikmah Tuban (Hj. Nurrotun Muntahanah) tidak bisa hadir, tapi beliau menitipkan video visual sebagai pengganti sambutannya. Dalam video tersebut beliau mengapresiasi "Kerja keras, kerja cerdas, & kerja ikhlas yang dilakukan oleh Himmaprodi ES untuk terus menjaga eksistensi serta memajukan kampus ", tutur beliau.

Dan dalam tusiyah yang disampaikan oleh KH. M. Husnan Dimyati, beliau mengatakan "Memang dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ada beberapa hadist meskipun do'if tapi asal & kenyataannya dapat dirasakan oleh keluarga Rasulullah SAW, yang salah satunya (Barang siapa yang memuliakan/mengagungkan hariku (Rasulullah) maka orang tersebut akan mendapatkan syafaatku besok di hari Kiamat".

Dan beliau juga memberikan penjelasan serta anjuran untuk meneladani sifat sifat luhur Rasulullah SAW. Selain itu beliau juga mengapresiasi kegiatan Tahtimul Qur’an "Tolabul ilmi jika diawali dengan lantunan kalam kalam illahi maka akan menjadikan ilmu itu manfaat & barokah" tutur beliau.


Oleh : M. Eko Wahyudi 

Tulisan Terkait

3 comments

Post a Comment


Ikuti kami untuk menerima berita dari kami